Punya Planning Liburan Di Hotel Berbintang? Ini Dia Tips Yang Wajib Kamu Tahu

Disaat yang lain bermimpi untuk bisa tetap bertahan dalam kondisi liburan yang minim dana, kamu mungkin rela mati-matian menghemat setiap harinya demi bisa berlibur dan menginap di sebuah hotel berbintang yang sudah kamu idamkan. Terkadang, kamu juga harus menerima kenyataan untuk menginap di hotel berbintang karena pekerjaan atau karena kehabisan hotel murah di musim liburan yang ramai. Lantas, bagaimana cara menginap di hotel berbintang jika ini adalah pengalaman pertamamu?

Punya Planning Liburan Di Hotel Berbintang? Ini Dia Tips Yang Wajib Kamu Tahu

Perlu  diketahui bahwa hotel berbintang memiliki beberapa syarat umum yang terkait dengan pelayanannya. Para tamu tentu saja wajib mengerti hal tersebut terlebih dahulu. Agar kamu tetap nyaman sebagai pemula, berikut beberapa hal yang wajib kamu ketahui.

  1. Lakukan reservasi online

Reservasi adalah hal yang penting. Jika harus berencana menginap di hotel berbintang pada liburanmu kali ini, pastikan kamu sudah melakukan reservasi dua hari sebelum waktu menginap. Hal ini dikarenakan ada banyak tipe kamar pada hotel berbintang. Itulah mengapa kamu harus memilih tipe kamar mana yang sesuai dengan kebutuhan liburanmu.

Misalnya saja, standard room. Tipe kamar yang ditawarkan adalah standar, sedangkan yang lebih mahal dari standard room adalah deluxe room. Ada juga family room, one bedroom suite yang lebih premium. Bahkan, presidential suite juga tersedia untuk tipe kamar paling mewah di hotel berbintang.

  1. Rencanakan Waktu Check-in dan Check-out

Hotel berbintang memiliki waktu untuk check-in dan check-out yang sama. Artinya, tamu bisa check-in di pukul dua siang dan check-out pukul 12 siang di keesokan harinya. Walaupun demikian, beberapa hotel juga menerapkan kebijakan. Kamu harus memeriksa kebijakan hotel berbintang itu sendiri. Sebab, beberapa hotel berbintang memiliki aturan early check-in dan late check-out. Misalnya, kalau kamu tiba di hotel tersebut lebih pagi, kamu boleh meminta pihak hotel melakukan check-in sebelum jam dua siang. Kemudian, sebagai tamu, kamu juga memiliki waktu tambahan check-out paling tidak 1 jam. Akan tetapi, agar tidak ada salah paham, sebaiknya kamu tetap komunikasikan dengan pihak hotel.

  1. Deposit

Ketika check-in, tidak sedikit hotel berbintang meminta para tamu untuk menggunakan kartu kredit sebagai jaminan atau deposit. Kemudian, besaran uang deposit sesuai dengan nominal harga penginapanmu.

Bagaimana jika kamu tidak memiliki kartu kredit? Kamu harus membawa uang tunai. Uang tunai akan dikembalikan ketika kamu check out dari hotel tersebut.

  1. Tip Bagi Petugas Hotel

Jangan kaget kalau masuk dalam kamar hotel dan melihat minibar atau kulkas kecil yang penuh dengan minuman dan camilan. Beberapa snack dan cokelat tersedia disana. Tidak sedikit pula hotel berbintang yang menawarkan minuman beralkohol didalam lemari es. Akan tetapi, semua barang disana bukanlah barang gratis. Ya, kalau kamu mengambilnya, maka kamu harus membayarnya ketika check-out.

Akan tetapi, hampir semua hotel berbintang tidak mengenakan biaya untuk air mineral. Biasanya, mereka menawarkan dua botol air mineral gratis ketika kamu masuk di kamar.

  1. Kunci Hotel

Hotel berbintang tidak sama dengan hotel konvensional, terutama di bagian kunci hotel. Kunci bukan seperti kunci rumah. Pada hotel berbintang, kamu bakalan memegang kunci tersebut seperti kartu sensor. Yang kamu lakukan untuk membuka atau mengunci pintu adalah tap kartu di bagian sensor yang ada di luar pintu.

Selain untuk membuka dan mengunci pintu, kartu tersebut juga digunakan untuk menyalakan listrik di kamar. Kunci ini juga tidak boleh dibawa ketika keluar kamar. Jangan pula mendekatkan kunci tersebut dengan benda elektronik lainnya sebab dapat merusak sensor.