Cara Jalan-Jalan Hemat Bagi Mahasiswa Untuk Libur Semester

Sebagai seorang mahasiwa, salah satu hal yang paling kamu tunggu adalah liburan semester. Akitivtas perkuliahan membuat kamu harus berkutat dengan berbagai tugas, penelitian, dan juga ujian akhir yang benar-benar menguras pikiran. Itulah kenapa kamu harus memberikan waktu untuk diri sendiri dengan cara bersantai dan liburan sejenak.

Cara Jalan-Jalan Hemat Bagi Mahasiswa Untuk Libur Semester

Sebagai anak muda, ada banyak petualangan seru yang bisa kamu lakukan dan jelajahi. Jadi, jangan sampai kamu hanya menjelajah di media social saja. Ada banyak bagian di muka bumi ini yang wajib menjadi saksi kamu untuk berpijak. Nah, bagaimana cara supaya kamu bisa tetap berhemat walaupun pengen jalan-jalan? Berikut informasi yang bisa kamu simak.

  1. Niat Dan Rencanakan

Sebelum liburan semester tiba, kamu sudah harus punya rencana dan niat untuk liburan. Paling tidak, kamu sudah mnentukan lokasi mana yang ingin kamu kunjungi, kapan akan berangkat, naik apa, bagaimana sesampainya nanti, dan kapan pulang. Kemudian, targetkan pula berapa tabungan yang harus kamu miliki supaya cukup untuk perjalanan pulang-pergi liburanmu.

  1. Oportunis

Kamu sedang butuh liburan. Namun, finansial kamu juga harus ditekan supaya tidak ada pemborosan. Setelah liburan nanti, ada banyak kebutuhan perkuliahan yang wajib kamu penuhi secara materiil. Itulah kenapa kamu harus bisa menjadi orang yang oportunis ketika berbicara tentang liburan. Misalnya saja,  manfaatkan siapapun yang bisa membantu kamu. Kenalan atau saudara yang tinggal di tempat yang akan kamu kunjungi bisa kamu hubungi jauh-jauh hari. Katakana bahwa kamu akan berkunjung ke tempat tersebut dan apakah mereka bersedia membantu memberikan tempat singgah. Cara ini cukup efektif untuk membantu kamu untuk menghemat biaya makan dan biaya menginap. Sesampai disana, pastikan pula bahwa kamu mengunjungi beberapa tempat yang tidak menjual tiket masuk yang mahal.

  1. Tidak Perlu Pemandu Wisata

Jika kamu punya niat menyewa pemandu wisata, sebaiknya pikirkan ulang. Pasalnya, kamu bisa menggunakan informasi dari Google untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat yang akan kamu kunjungi. Jadi, kamu bisa menggunakan uangmu itu untuk membeli paket data internet, ketimbang untuk membayar pemandu wisata. Dengan menggunakan internet, kamu bisa cari tahu dimana saja tempat yang sesuai dengan kebutuhanmu sampai dengan informasi harga.

  1. Pilih Berkunjung Pada Saat Low Season

Liburan saat sedang musim liburan tidak akan membuat kamu bisa berhemat. Saat liburan, semua hal akan naik dua kali lipat. Tiket masuk, biaya akomodasi, biaya transportasi, biaya untuk makan pun tetap akan naik. Itulah mengapa sebaiknya kamu bepergian di sat low season. Cara ini juga ampuh untuk kamu yang ingin mencari tempat wisata yang hening, tidak penuh sesak pengunjung. Apalagi, saat musim liburan tingkat kriminalitas di suatu tempat tentu akan meningkat.

  1. Jangan Nginap Di Hotel

Untuk kantong mahasiswa, menginap di hotel adalah liburan yang istimewa. Jadi, mending kamu menginap di hostel dengan biaya sewa kamar yang tentu lebih murah. Selain itu, menginap di hostel juga cukup seru. Ada banyak hostel yang tersedia dan menawarkan semua kebutuhanmu. Bahkan, masing-masing hostel punya fasilitas dan hiburan tersendiri. Sehingga, dijamin liburanmu tidak akan menjadi liburan yang membosankan.

Selain bisa berbagi kamar dengan tamu yang lain, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah, seperti misalnya ketemu bule-bule kece. Mereka bisa menjadi teman untuk berbagi informasi tentang pengalaman mereka sebagai backpacker lho.

Nah, itulah beberapa cara bagaimana bisa tetap liburan hemat ala mahasiwa untuk bikin liburan semester tetap asik dan nggak bikin boros. Semoga bermanfaat!