Cara Aman Bepergian Kemanapun Sendirian Sebagai Seorang Perempuan

Menjadi seorang solo traveler tentu menyenangkan, tapi untuk perempuan tentu mereka harus tetap waspada. Apalagi ketika datang di suatu tempat yang baru, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Sebagai traveler, kamu mungkin tidak tahu kondisi dan tingkat kriminalitas di tempat wisata yang kamu kunjungi. Akan tetapi, kalau semua sudah dipersiapkan secara matang dan tetap waspada, kamu tidak perlu kuatir berlebihan.

Cara Aman Bepergian Kemanapun Sendirian Sebagai Seorang Perempuan

Yeoh Mong Chin adalah seorang pemandu pada acara petualangan dan sebagai solo traveler, dia juga telah menjelajahhi enam negara yanga da di Asia tenggara selama delapan minggu loh.  Penasaran apa saja tips yang dia bagikan untuk solo traveler perempuan? Berikut informasinya.

  1. Riset

Dimana-mana, sebelum melakukan hal yang kamu sendiri kurang tahu banyak, riset atau menggali berbagai informasi adalah hal penting. Mong Chin sebagai seorang influencer dan terlahir di Singapura bahkan menjelaskan bahwa solo traveler wajib mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang destinasi wisata yang dituju sebelum mengunjunginya.

Artinya, kamu harus tahu jam buka-tutup apapun, transportasi yang harus dinaiki, bagaimana menuju lokasi, makanan apa yang tersedia, dan selalu gunakan informasi dari pengunjung sebelumnya, misalnya dalam bentuk ulasan.

  1. Cari Teman

Sebagai solo traveler, ada baiknya kamu mencari teman saat diperjalanan. Kamu bisa berkenalan, menyewa pemandu wisata atau apapun asal tidak sendirian. Dengan demikian, keamanan pasti terjamin.

  1. Hanya Kunjungi Lokasi Wisata Yang Populer

Tempat wisata yang populer selalu menjadi perhatian pemerintah, sehingga kekurangan apapun didalamnya selalu menjadi sorotan dan bahan evaluasi. Itulah kenapa kamu wajib kunjungi lokasi yang terkenal saja supaya perjalanan liburanmu jauh lebih aman. Misalnya, pilih saja destinasi wisata yang sering dijaga oleh pihak berwajib. Jangan sampai rasa penasaranmu membuat kamu nekat berkunjung ke destinasi wisata yang tersembunyi, tidak banyak pengunjungnya, dan rawan.

  1. Jangan Pulang Larut Malam

Suasana malam yang sepi, dimana banyak orang memutuskan untuk istirahat tentu menjadi timing yang baik untuk para pelaku kejahatan. Siapapun yang masih berkeliaran saat tengah malam, apalagi sendirian, sangat berpeluang besar menjadi korban kejahatan. Itulah mengapa saat tengah malam, sebaiknya kamu tetap di penginapan. Jika memang perjalanan  membuat kamu harus pulang larut malam, singgahlah di tempat-tempat yang ramai. Kemudian, gunakan transportasi yang aman seperti taksi online. Ada baiknya, manfaatkan waktu wisata saat pagi atau siang hari karena suasana di lokasi juga akan selalu ramai.

  1. Tidak Perlu Takut

Perjalanan liburan kamu pasti aman jika kamu tidak merasa takut ketika berada di tempat baru. Apalagi ketika kamu harus berhadapan dengan orang-orang baru. Artinya, sebagai solo traveler, kamu harus punya hati yang mantap dan mencoba semaksimal mungkin untuk terbuka dengan lingkungan yang baru. Mong Chin juga menyarankan supaya kamu tidak perlu malu untuk meminta bantuan orang asing atau juga warga lokal ketika sedang bepergian sendirian.

Cobalah untuk tidak merasa sungkan untuk mengungkapkan apa yang kamu perlu ungkapkan. Jangan pernah ragu-ragu. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan informasi atau bantuan yang tepat yang akan membuat kamu tetap aman.

Itulah informasi apa saja cara-cara yang bisa kamu lakuan sebagai solo traveler perempuan ketika harus bepergian kemanapun seorang diri. Waspada boleh, namun waspada juga harus dengan cara yang cerdas. Jangan sampai rasa cemas yang berlebihan membuatmu malah tidak bisa menikmati liburan. Semoga membantu!