Cara Jalan-Jalan Hemat Bagi Mahasiswa Untuk Libur Semester

Sebagai seorang mahasiwa, salah satu hal yang paling kamu tunggu adalah liburan semester. Akitivtas perkuliahan membuat kamu harus berkutat dengan berbagai tugas, penelitian, dan juga ujian akhir yang benar-benar menguras pikiran. Itulah kenapa kamu harus memberikan waktu untuk diri sendiri dengan cara bersantai dan liburan sejenak.

Cara Jalan-Jalan Hemat Bagi Mahasiswa Untuk Libur Semester

Sebagai anak muda, ada banyak petualangan seru yang bisa kamu lakukan dan jelajahi. Jadi, jangan sampai kamu hanya menjelajah di media social saja. Ada banyak bagian di muka bumi ini yang wajib menjadi saksi kamu untuk berpijak. Nah, bagaimana cara supaya kamu bisa tetap berhemat walaupun pengen jalan-jalan? Berikut informasi yang bisa kamu simak.

  1. Niat Dan Rencanakan

Sebelum liburan semester tiba, kamu sudah harus punya rencana dan niat untuk liburan. Paling tidak, kamu sudah mnentukan lokasi mana yang ingin kamu kunjungi, kapan akan berangkat, naik apa, bagaimana sesampainya nanti, dan kapan pulang. Kemudian, targetkan pula berapa tabungan yang harus kamu miliki supaya cukup untuk perjalanan pulang-pergi liburanmu.

  1. Oportunis

Kamu sedang butuh liburan. Namun, finansial kamu juga harus ditekan supaya tidak ada pemborosan. Setelah liburan nanti, ada banyak kebutuhan perkuliahan yang wajib kamu penuhi secara materiil. Itulah kenapa kamu harus bisa menjadi orang yang oportunis ketika berbicara tentang liburan. Misalnya saja,  manfaatkan siapapun yang bisa membantu kamu. Kenalan atau saudara yang tinggal di tempat yang akan kamu kunjungi bisa kamu hubungi jauh-jauh hari. Katakana bahwa kamu akan berkunjung ke tempat tersebut dan apakah mereka bersedia membantu memberikan tempat singgah. Cara ini cukup efektif untuk membantu kamu untuk menghemat biaya makan dan biaya menginap. Sesampai disana, pastikan pula bahwa kamu mengunjungi beberapa tempat yang tidak menjual tiket masuk yang mahal.

  1. Tidak Perlu Pemandu Wisata

Jika kamu punya niat menyewa pemandu wisata, sebaiknya pikirkan ulang. Pasalnya, kamu bisa menggunakan informasi dari Google untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat yang akan kamu kunjungi. Jadi, kamu bisa menggunakan uangmu itu untuk membeli paket data internet, ketimbang untuk membayar pemandu wisata. Dengan menggunakan internet, kamu bisa cari tahu dimana saja tempat yang sesuai dengan kebutuhanmu sampai dengan informasi harga.

  1. Pilih Berkunjung Pada Saat Low Season

Liburan saat sedang musim liburan tidak akan membuat kamu bisa berhemat. Saat liburan, semua hal akan naik dua kali lipat. Tiket masuk, biaya akomodasi, biaya transportasi, biaya untuk makan pun tetap akan naik. Itulah mengapa sebaiknya kamu bepergian di sat low season. Cara ini juga ampuh untuk kamu yang ingin mencari tempat wisata yang hening, tidak penuh sesak pengunjung. Apalagi, saat musim liburan tingkat kriminalitas di suatu tempat tentu akan meningkat.

  1. Jangan Nginap Di Hotel

Untuk kantong mahasiswa, menginap di hotel adalah liburan yang istimewa. Jadi, mending kamu menginap di hostel dengan biaya sewa kamar yang tentu lebih murah. Selain itu, menginap di hostel juga cukup seru. Ada banyak hostel yang tersedia dan menawarkan semua kebutuhanmu. Bahkan, masing-masing hostel punya fasilitas dan hiburan tersendiri. Sehingga, dijamin liburanmu tidak akan menjadi liburan yang membosankan.

Selain bisa berbagi kamar dengan tamu yang lain, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah, seperti misalnya ketemu bule-bule kece. Mereka bisa menjadi teman untuk berbagi informasi tentang pengalaman mereka sebagai backpacker lho.

Nah, itulah beberapa cara bagaimana bisa tetap liburan hemat ala mahasiwa untuk bikin liburan semester tetap asik dan nggak bikin boros. Semoga bermanfaat!

Cara Jalan-Jalan Ini Malah Bikin Kamu Bisa Sambil Cari Uang

Hampir semua orang pengen bisa keliling dunia untuk jalan-jalan dan tentunya ini bukan impian yang bisa dituntaskan dalam satu malam. Ketika kamu ingin berkeliling ke Indonesia, menenteng tas ranselmu kemanapun selama berbulan-bulan, mengendarai motor untuk menyusuri berkilo meter jalanan bukan hal yang mudah dan murah.

Cara Jalan-Jalan Ini Malah Bikin Kamu Bisa Sambil Cari UangCara Jalan-Jalan Ini Malah Bikin Kamu Bisa Sambil Cari Uang

Tapi saat ini, sebuah tren muncul dimana kamu bisa tetep jalan-jalan tapi bisa menghasilkan uang alias dibayar. Pasalnya, tidak sedikit pula traveler yang juga dikenal sebagai influencer atau tokoh yang cukup berpengaruh dan sering viral. Kamu mungkin sudah cukup lama menabung dan ingin digunakan khusus untuk bepergian dalam jangka waktu yang panjang. Dana tersebut sudah siap dan ingin kamu gunakan untuk cari pekerjaan, tapi sambil jalan-jalan. Forbes menyibak bagaimana caranya kamu bisa tetap jalan-jalan dan bisa cari uang. Penasaran? Simak informasinya berikut.

  1. Menjadi Guru Bahasa Inggris

Kamu mungkin menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Tapi, kamu bisa menggunakan bahasa tersebut untuk memulai perjalanan karirmu. Cara ini sangat cocok ketika kamu harus berada di sebuah tempat baru dalam waktu yang lama.

Hal ini telah dilakukan oleh Francesca Murray. Dia adalah jurnalis multimedia  yang mengembangkan situs One Girl One World. Apa yang terjadi dengannya adalah ketika ia harus pindah di sebuah negara, tepatnya di kepualauan di Laut Karibia, Martinik. Disana, dia mengajar Bahasa Inggris dengan usia yang masih 27 tahun. Pekerjaan tersebut awalnya ia lakoni karena ia sedang membangun konten untuk blognya. Namun, saat ini ia telah dikenal dan bahkan disebut sebagai Pakar Amerika di pulau tersebut.

Jika kamu bisa melakoni hal tersebut, upah yang kamu dapatkan tentu bervariasi, tergantung dari daerah atau negara yang kamu tuju serta latar belakang pendidikanmu sendiri. untuk pengajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua, atau English as ESL, kamu mungkin bisa menghasilkan hingga 590,4 Juta Rupiah per tahun jika kamu mengajar di Oman. Untuk memulai karir kamu, kamu bisa menggunakan beberapa situs seperti Seriuos Teacher, Transition’s Abroad, atau lainnya.

Untuk kamu yang berwisata di sebuah daerah di Indonesia, kamu bisa menjual kemahiran Bahasa Inggris kamu dengan membuka privat.

  1. Kerja Sambilan

Cara luar biasa lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan bergabung ke sebuah program pekerjaan atau menjadi relawan. Kamu bisa berinteraksi dengan ekonomi di tempat tersebut, kemudian tinggal lebih lama dan mulai mencari apa saja yang mungkin bisa kamu lakukan untuk menjual kapasitas dan kemampuan yang kamu miliki.

Salah satu kisah inspiratif datang dari sepasang backpacker, mereka adalah Kach dan Jonathan Howe. Pasangan suami istri ini telah menjalani petualangan luar biasa untuk bisa tetap berlibur namun menghasilkan uang. Mereka tidak hanya menjadi instructor yoga dan membuka tempat pemijatan, mereka juga bahkan menjadi tenaga pengajar Bahasa Inggris, lalu menjelajahi destinasi wisata yang mereka kunjungi dengan berbekal sertifikat Yoga dan Pijat yang mereka miliki untuk menghasilkan uang.

Nah, bagaimana? Rasa-rasanya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan supaya kamu tetap bisa menghasilkan uang walaupun tidak sedang di tanah kelahiranmu. Hal yang harus kamu tahu pasti adalah, seseorang tidak akan mati kelaparan jika ia mampu menggali seluruh potensi dan bakat yang ia miliki didalamnya. Tidak perlu takut menjadi seseorang yang berbeda dan tetap percaya diri. Tidak sedikit wisatawan yang bahkan menggunakan bakatnya seperti menyanyi atau lainnya untuk tetap berpenghasilan selama di kota orang.

 

 

Cara Jalan-Jalan Hemat Dan Murah Untuk Pemula Backpackeran

Ada beberapa kondisi yang mungkin bikin kamu pengen menikmati jalan-jalan sebagai backpacker. Pertama, mungkin selama ini kamu merasa lelah dan bosan dengan liburan yang mewah, yang penuh fasilitas, dan ingin mencoba melakukan sesuatu yang menantang dengan menjadi backpacker.

 

Cara Jalan-Jalan Hemat Dan Murah Untuk Pemula Backpackeran

Kedua, mungkin kamu ingin menuju ke sebuah tempat yang kamu idamkan selama ini, namun biaya yang maha menjadi kedala. Itulah mengapa kamu memutuskan untuk mencoba berpetualang menuju ke lokasi dengan transportasi atau gaya liburan yang lebih hemat. Apapun itu, ada beberapa cara yang bisa membuat jalan-jalan kamu kali ini jauh lebih murah. Untuk kamu yang belum pernah backpackeran sebelumnya, berikut kiat-kiat yang harus dijalankan.

  1. Gabung Dengan Komunitas Backpacker

Ada banyak komunitas backpacker yang bisa kamu temukan di social media atau di internet. Komunitas-komunitas ini akan membantu kamu untuk mengunjungi lokasi yang ingin kamu datangi dengan aman dan dengan cara yang lebih hemat. Selain itu, komunitas yang kamu ikuti tentu akan memberikan informasi yang bermanfaat untuk mendukung perjalananmu nanti. Selain tahu rincian biaya untuk akomodasi, trasnportasi, sangat mungkin untuk mendapatkan kontak komunitas sesampai di destinasi wisata yang kamu tuju. Mereka juga akan dengan senang hati membantu supaya waktu berliburmu di daerah mereka benar-benar berkesan.

  1. Gunakan Internet

Pada saat ini, internet bisa dinikmati oleh siapapun dan hampir dimanapun. Bahkan, anak SMP saat ini bisa beli kuota internet hanya dengan menggunakan uang jajannya. Gunakan internet untuk membantumu mencari tahu informasi sebanyak mungkin tentang situasi destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi. Pastikan dan catat semua akomodasi yang murah di tempat tesrbeut, kendaraan apa yang bisa membawamu ke tujuan dan cari tahu pula dimana beli tiket yang murah. Semua hal yang sekiranya akan membantu membuat biaya liburanmu lebih murah harus kamu kumpulkan informasinya.

  1. Gunakan Jaringan Pertemanan Dan Persaudaraan

Jika kamu ingin berkunjung ke kota A, dan ada beberapa teman yang tinggal disana, sebaiknya hubungi mereka jauh-jauh hari. Mereka akan dengan senang hati menyambut kamu bahkan rela menjemput kamu dari bandara atau stasiun. Mereka juga akan menawarkan rumah mereka untuk tempatmu menginap, menjamu sebagai tamu, dan atau bahkan menawarkan bantuan jika kamu ingin berkunjung ke tempat tertentu. Cara ini cara yang paling tepat untuk memotong biaya akomodasi untuk liburanmu semaksimal mungkin.

Jangan sungkan untuk menghubungi saudara yang ada di kota tersebut jika kamu ingin berkunjung untuk liburan disana. Mereka juga akan menjamu dan memberikan tempat untuk kamu beristirahat sejenak. Tak tanggung-tanggung, saudaramu juga tidak akan keberatan untuk mengantarmu sampai ke lokasi wisata tanpa perlu bingung memikirkan uang untuk membayar ini dan itu. itulah mengapa gunakan hubungan persaudaraan dan pertemanan sebaik mungkin jika kamu ingin berwisata hemat.

Itulah informasi apa saja yang harus kamu ketahui ketika ingin mencoba liburan hemat ala backpackeran pertama kali. Hal lainnya yang harus kamu pertimbangkan adalah membawa seperlunya saja. Ada banyak orang yang ingin liburan ala backpacker tapi membawa barang-barang yang terlalu banyak dan membuat liburan mereka seperti kerepotan sendiri. Lain ceritanya jika kamu membawa barang-barang yang seperlunya. Dengan demikian, kamu tidak akan kerepotan dijalan, tidak ada insiden barang tertinggal di tempat tertentu karena saking banyaknya membawa barang bawaan atau tidak ada insiden tas rusak karena kelebihan beban.

 

Cara Aman Bepergian Kemanapun Sendirian Sebagai Seorang Perempuan

Menjadi seorang solo traveler tentu menyenangkan, tapi untuk perempuan tentu mereka harus tetap waspada. Apalagi ketika datang di suatu tempat yang baru, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Sebagai traveler, kamu mungkin tidak tahu kondisi dan tingkat kriminalitas di tempat wisata yang kamu kunjungi. Akan tetapi, kalau semua sudah dipersiapkan secara matang dan tetap waspada, kamu tidak perlu kuatir berlebihan.

Cara Aman Bepergian Kemanapun Sendirian Sebagai Seorang Perempuan

Yeoh Mong Chin adalah seorang pemandu pada acara petualangan dan sebagai solo traveler, dia juga telah menjelajahhi enam negara yanga da di Asia tenggara selama delapan minggu loh.  Penasaran apa saja tips yang dia bagikan untuk solo traveler perempuan? Berikut informasinya.

  1. Riset

Dimana-mana, sebelum melakukan hal yang kamu sendiri kurang tahu banyak, riset atau menggali berbagai informasi adalah hal penting. Mong Chin sebagai seorang influencer dan terlahir di Singapura bahkan menjelaskan bahwa solo traveler wajib mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang destinasi wisata yang dituju sebelum mengunjunginya.

Artinya, kamu harus tahu jam buka-tutup apapun, transportasi yang harus dinaiki, bagaimana menuju lokasi, makanan apa yang tersedia, dan selalu gunakan informasi dari pengunjung sebelumnya, misalnya dalam bentuk ulasan.

  1. Cari Teman

Sebagai solo traveler, ada baiknya kamu mencari teman saat diperjalanan. Kamu bisa berkenalan, menyewa pemandu wisata atau apapun asal tidak sendirian. Dengan demikian, keamanan pasti terjamin.

  1. Hanya Kunjungi Lokasi Wisata Yang Populer

Tempat wisata yang populer selalu menjadi perhatian pemerintah, sehingga kekurangan apapun didalamnya selalu menjadi sorotan dan bahan evaluasi. Itulah kenapa kamu wajib kunjungi lokasi yang terkenal saja supaya perjalanan liburanmu jauh lebih aman. Misalnya, pilih saja destinasi wisata yang sering dijaga oleh pihak berwajib. Jangan sampai rasa penasaranmu membuat kamu nekat berkunjung ke destinasi wisata yang tersembunyi, tidak banyak pengunjungnya, dan rawan.

  1. Jangan Pulang Larut Malam

Suasana malam yang sepi, dimana banyak orang memutuskan untuk istirahat tentu menjadi timing yang baik untuk para pelaku kejahatan. Siapapun yang masih berkeliaran saat tengah malam, apalagi sendirian, sangat berpeluang besar menjadi korban kejahatan. Itulah mengapa saat tengah malam, sebaiknya kamu tetap di penginapan. Jika memang perjalanan  membuat kamu harus pulang larut malam, singgahlah di tempat-tempat yang ramai. Kemudian, gunakan transportasi yang aman seperti taksi online. Ada baiknya, manfaatkan waktu wisata saat pagi atau siang hari karena suasana di lokasi juga akan selalu ramai.

  1. Tidak Perlu Takut

Perjalanan liburan kamu pasti aman jika kamu tidak merasa takut ketika berada di tempat baru. Apalagi ketika kamu harus berhadapan dengan orang-orang baru. Artinya, sebagai solo traveler, kamu harus punya hati yang mantap dan mencoba semaksimal mungkin untuk terbuka dengan lingkungan yang baru. Mong Chin juga menyarankan supaya kamu tidak perlu malu untuk meminta bantuan orang asing atau juga warga lokal ketika sedang bepergian sendirian.

Cobalah untuk tidak merasa sungkan untuk mengungkapkan apa yang kamu perlu ungkapkan. Jangan pernah ragu-ragu. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan informasi atau bantuan yang tepat yang akan membuat kamu tetap aman.

Itulah informasi apa saja cara-cara yang bisa kamu lakuan sebagai solo traveler perempuan ketika harus bepergian kemanapun seorang diri. Waspada boleh, namun waspada juga harus dengan cara yang cerdas. Jangan sampai rasa cemas yang berlebihan membuatmu malah tidak bisa menikmati liburan. Semoga membantu!

Tips Travel Keliling Indonesia Tanpa Nguras Duit

Banyak wisatawan lokal yang harus menunda rencana liburan mereka untuk keliling berbagai tempat wisata di Indonesia. Memang, untuk mereka yang ingin keliling Indonesia, ada banyak pertimbangan matang yang harus direncanakan. Cuman, kalau terus fokus pada rencana, yang ada malah banyak yang tertunda. Nah, apa saja kira-kira yang harus dilakukan supaya bisa keliling Indonesia? Tips berikut selain bikin liburanmu jadi lebih tertata, juga bantu kamu untuk nggak terlalu menguras habis isi tabunganmu.

 

Tips Travel Keliling Indonesia Tanpa Nguras Duit

  1. Riset Destinasi Wisata

Dengan riset, kamu jadi tahu ada apa di tempat tersebut, mau ngapain saja disana dan sampai berapa lama liburan disana. Saat riset, cobalah cari tahu sebanyak mungkin informasi yang sumbernya sudah terpercaya. Kamu bisa menggunakan panduan buku wisata atau media sosial untuk cari tahu lebih lanjut tentang kondisi destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi.

Ketika riset, pastikan hal tersebut dilakukan sesuai dengan waktu dan tenagamu. Faktanya, ada banyak destinasi wisata di Indonesia yang kayaknya tidak terlalu jauh. Namun, begitu waktu liburan terasa banget jauhnya. Hal ini dikarenakan akses juga kondisi alam yang sedang terjadi. Itulah kenapa riset sangat penting sebelum jalan-jalan keliling Indonesia.

  1. Kunjungi Pada Musim Yang Tepat

Koper dan ransel mungkin sudah kamu siapkan. Namun, sebaiknya cek kembali kapan kamu akan berangkat dan bagaimana dengan kondisi cuaca disana. Sebab, Indonesia punya dua musim. Sehingga, tidak semua destinasi wisata bisa kamu kunjungi kapanpun. Misalnya, ada beberapa tempat yang nggak cocok untuk dikunjungi saat musim hujan seperti Green Canyon dan juga Karimunjawa. Pasalnya, di dua lokasi tersebut membuat liburan kurang mengesankan karena airnya yang tidak jernih dan ombaknya yang besar.

Jika ingin berhemat, kamu juga bisa memperhatikan iklim setempat. Hindari berkunjung di musim-musim tertentu dimana pengunjung benar-benar membludak. Misalnya saja, mengunjungi destinasi tertentu ketika musim liburan. Pada masa itu, selain akomodasi, transportasi juga harganya akan melambung.

  1. Ikut Open Trip

Kamu ingin tetap liburan walau tabungan kamu bener-bener terbatas. Solusinya, cobalah untuk ikut open trip. Ada banyak agen travel yang menyediakan berbagai paket hemat untuk liburan. Kamu bisa memanfaatkan penawaran tersebut, namun tentu setelah membandingkan mana agen travel yang memberikan harga terbaik. Selain ikut open trip yang harganya jauh lebih ekonomis, kamu juga bisa menemukan teman-teman baru yang punya pandangan yang sama tentang liburan, bahwa liburan nggak harus mahal. Dengan demikian, kamu bisa berbagi informasi dengan komunitas baru dan menikmati liburan dengan cara yang lebih hemat lagi.

  1. Jadi Anggota Komunitas Wisata

Ketika jadi anggota komunitas wisata, manfaatnya banyak banget loh. Kamu bukan hanya mendapatkan teman baru, kenalan baru, tapi juga langsung bisa berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai wilayah. Mereka inilah yang nanti akan membantu kamu untuk berkeliling di Indonesia. Saat kamu tiba di lokasi, mereka akan membantu menyediakan informasi. Bahkan, ada yang dengan senang hati menyambutmu untuk singgah di rumah mereka, atau sekedar mendampingi waktu liburanmu. Tentu saja, ini adalah cara yang paling ampuh untuk menghemat saat liburan dan liburan juga jadi tetap aman.

  1. Hindari Destinasi Wisata Dengan Tiket Masuk

Untuk menikmati liburan keliling Indonesia di berbagai tempat seperti museum, monument, attraksi atau tempat-tempat lainnya yang penuh wahana berarti kamu harus menyisihkan bajet untuk bayar tiket masuk. Kalaupun memang pengen banget berkunjung, mending berkunjung ke tempat-tempat yang kamu rasa perlu untuk masuk. Jadi, tiket masuk yang kamu bayarkan bukan sekedar untuk have fun. Tapi tiketnya memang bener-bener karena kebutuhan. Kalau cuman untuk selfie, ada banyak tempat yang menawarkan spot selfie tanpa bayar tiket masuk, kok.

Nah gimana? Jangan tunda-tunda waktu liburan kamu untuk keliling Indonesia lagi deh ya!